Selamat Datang di Area Budaya Merdeka, Semoga Bermanfaat dan Jangan Bosan Untuk Berkunjung. Salam Budaya Merdeka!!

Sunday 16 June 2013

Pemimpin Ideal

                 Kemarin sore saya bersama teman-teman organisasi mahasiswa tempat saya berpayung sejenak melingkar dan berdiskusi, dari beberapa hal yang coba didiskusikan entah mengapa saya tertarik untuk menuliskan tentang pembahasan mengenai pemimpin.
                Dewasa ini dalam mind set sebagian besar masyarakat ketika mendengar kata pemimpin lebih menitik beratkan dan terfokus kepada sosok yang memimpin sebuah kelompok/organisasi (pemimpin struktural), bahkan saat ini banyak anggapan bahwa sosok pemimpin dan yang dapat memimpin adalah orang yang memiliki pangkat tinggi baik dengan basic ilmu atau gelar title di belakang nama, dan hal ini sudah menjadi hal wajar yang terjadi secara turun temurun (membudaya).
                Dari diskusi yang kami lakukan bersama itu dapat di tarik kesimpulan bahwa sosok pemimpin adalah sosok yang dapat mempengaruhi diri sendiri dan orang lain (mempengaruhi untuk melakukan suatu hal yang baik dan lebih baik lagi) menjadi sosok pemimpin harus mau dan siap untuk menjadi sosok teladan di mulai dari diri sendiri hingga akhirnya orang lain, karena sosok pemimpin harus bisa membuat suatu perubahan dari hal yang tidak/kurang baik menjadi hal baru yang baik.
                Kita bisa ambil contoh seperti sebuah kapal laut yang besar hanya di kendalikan melalui sebuah potongan kayu/besi bulat kecil yang menjadi stir, sedikit saja kita putar stir tersebut maka yang akan terjadi adalah kapal besar itu akan berubah haluan. Demikian juga Ir. Soekarno yang dapat membuat negara lain takut, Soeharto dan Hitler yang sangat di patuhi, orang-orang tersebut bukanlah sosok raksasa yang sangat seram sehingga begitu di patuhi. Mereka dapat menjadi sosok seperti itu karena mereka mampu untuk mempengaruhi orang lain sehingga apa yang menjadi tujuan mereka dapat tercapai.
                Nah, lalu seperti apa pemimpin yang ideal? Pemimpin dalam artian sesungguhnya bukanlah pemimpin yang menjadi ketua dalam suatu kelompok/organisasi (struktural) saja tetapi lebih kepada sosok yang dapat menjadi teladan bagi diri sendiri dan orang lain. Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang mampu untuk menjadi teladan, Ketika seorang pemimpin telah dapat menjadi teladan maka ia pasti dapat mempengaruhi orang banyak, ketika ia mampu mempengaruhi orang lain bahkan atasannya dan menjadi sosok yang menjadi teladan maka ia dapat disebut pemimpin yang ideal dalam arti nyata. Dan akhirnya sosok pemimpin yang ideal itu adalah sosok yang dapat melahirkan pemimpin ideal yang baru.
                Semoga artikel ini dapat memberi sedikit titik bening yang menjadi bahan pelajaran dan semoga kita semua dapat menjadi sosok pemimpin yang ideal secara nyata dan terus berusaha agar menjadi pemimpin yang sesungguhnya.

Salam.

No comments:

Post a Comment

Mari saling Melengkapi
Berkomentarlah dengan Menunjukkan Budaya Sopan dan Kritik yang Membangun.
Salam Budaya Merdeka ...!